UNIT PAULUS RAYAKAN HUT KE-1



UNIT PAULUS RAYAKAN HUT KE-1
JEMAAT GPI PAPUA BETLEHEM
 
Sejak mandiri menjadi jemaat tahun 2010, GPI Papua Betlehem memiliki 3 unit pelayanan, unit Simon, Eirene dan Ester. Seiring perkembangan pelayanan dan semakin bertambahnya jumlah anggota jemaat, maka dibentuklah Unit Paulus yang merupakan pemekaran dari unit Ester. Pemekaran unit Paulus merupakan pertimbangan yang harus dilaksanakan dengan tujuan agar pelayanan dapat menyentuh kepada semua anggota jemaat. Ini merupakan strategi yang sejatinya bukan sekedar hal biasa tapi adalah hal penting dalam kehidupan bergereja dan berjemaat. 


Atas keputusan sidang jemaat tahun 2016 dan kesepakatan rapat majelis jemaat, maka pada tanggal 14 April 2016 dilaksanakan ibadah perdana unit paulus yang dilaksanakan di rumah keluarga Soindemi sekaligus pemilihan pengurus Unit. Pemilihan pengurus unit dilaksanakan hanya memilih sekretaris, bendahara dan beberapa anggota sedangkan ketua merupakan kelanjutan dari unit ester, yang awalnya adalah ketua di unit ester, tetapi karena yang bersangkutan berdomisili di wilayah unit paulus, maka langsung di tunjuk sebagai ketua.

Untuk mensyukuri satu tahun unit paulus, maka pada tanggal 19 april, jam 06.00 wit dilaksanakan ibadah syukur. Yang sebenarnya dialaksanakan pada tanggal 14 April tetapi karena persiapan umat untuk ada dalam Perjamuan Kudus dan menyambut Paskah, maka baru dapat dilaksanakan pada hari rabu tanggal 19. Ibadah syukur dilaksanakan dalam bentuk Ibadah Penyegaran Iman (KPI) dihadiri oleh anggota jemaat yang ada di unit paulus juga anggota jemaat yang ada di unit lain. MC sekaligus pemimpin liturgy diambil alih langsung oleh Ibu. Gultom sedangkan singers oleh ibu, Istia, ibu Situmorang dan Ibu Pdt. Iha. Sedangkan pelayan Firman yang membawakan Reflexi HUT oleh Pnt. A Noya yang merupakan majelis yang melayani di unit Paulus.

Dalam Reflexinya Pnt Noya mengajak semua anggota jemaat yang hadir untuk hidup seperti jemaat pertama. Dari pembacaan yang diangkat dari Kisah Para Rasul 2:41-47 tentang Jemaat yang Pertama. Noya berharap agara lewat momen HUT Unit Paulus, semua Jemaat mau selalu merendah, selalu berbagi dan saling membantu sehingga ada kesatuan dalam kehidupan berjemaat. Lanjutnya diingatkan agar semua pelayan harus selalu setia, jujur dan bekerja keras dalam melaksanakan tugas dan tanggunggjawab guna kemuliaan nama Tuhan. Dan kepada semua anggota jemaat yang hadir dalam ibadah syukur yang pertama merupakan saksi-saksi hidup, sehingga pelayanan tetap berjalan dengan baik dan selalu mengandalkan Tuhan dalam segala hal yang direncanakan.




Selesai ibadah dilanjutkan dengan ucapan selamat HUT ke-1 Unit Paulus oleh Ketua Mejelis Jemaat GPI Papua Betlehem Pdt. T Iha. Dalam ucapannya dikatakan bahwa lewat momen HUT ini dan setelah mendengar Firman Tuhan kita semua tetap hidup dalam persekutuan yang rukun dan setia serta tetap melaksanakan tanggungujawab sebagai pelayan. Diharapkan pula bahwa keluarga besar unit Paulus lebih bersemangat dalam pelayanan dan tetap membangun kebersamaan. Setelah itu dilanjutkan dengan acara pemotongan Tumpeng HUT ke-1, hadir bersama-sama menyaksikan pemotongan tumpeng Ketua Unit Paulus Bpk. Agustinus Frans, Sekretaris Ibu. Berdiana Situmorang, Pnt. A Noya dan Pdt T. Iha selaku ketua Majelis Jemaat. Setelah pemotongan tumpeng oleh ketua unit dilanjutkan dengan acara jamuan kasih. Doa jamuan kasih dibawakan oleh Pnt. N Lamalo.





Jamuan kasih merupakan persembahan syukur yang disediakan oleh semua anggota jemaat yang berada di unit paulus. Masing-masing anggota jemaat mendapat tanggungaan tersendiri yang dibawakan langsung ke gereja untuk sama-sama dinikmati oleh semua anggota jemaat yang hadir. Suasana jamuan kasih penuh dengan keakraban, hal ini menjadi modal dalam kehidupan bergereja sehingga perlu dipertahankan.

“Selamat Ulang Tahun Unit Paulus, Tuhan Yesus Memberkati”


















Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAGU-LAGU PUJIAN DALAM BAHASA JAWA, BATAK, TORAJA, MALUKU, MANADO

IBADAH SYUKUR HUT PERWATA GPI PAPUA BETLEHEM TIMIKA KE-6