GPI PAPUA BETLEHEM TIMIKA LAKSANAKAN SIDANG JEMAAT KE-4

Pdt. M. Hindom,Sm.Th
Bertempat di gedung Gereja GPI Papua Betlehem, Sidang Jemaat ke-4 dilaksanakan. Acara pembukaan yang di mulai tepat jam.09.00 Wit itu diawali dengan ibadah pembukaan yang dipimpin oleh Pdt.M.Hindom, Sm.Th. dalam renungannya Pdt Hindom mengajak semua peserta yang adalah anggota jemaat untuk bagaimana memaknai Tema lima tahunan GPI Papua yaitu "BERTOLONG TOLONGLAH MENANGGUNG BEBANMU". itulah yang menjadi bahan perenungan saat acara pembukaan berlangsung. selain hotbah yang disampaikan, Pdt Hindom juga memberikan kesempatan kepada para majelis jemaat untuk menyanyikan lagu pujian dengan judul "BEKERJA BERSAMA-SAMA" yang merupakan MISI dari jemaat GPI Papua Betlehem. disamping itu Hindom juga mengajak semua peserta agar sidang jemaat yang ke-4 bisa menghasilkan program-program yang baik bagi pengembangan jemaat Betlehem. harapan lain yang disampaikan dalam Hotbahnya bahwa bahwa
Pdt. R.A. Lekatompessy ( Ketua Klasis GPI Papua Mimika)
 pelaksanaan sidang jemaat ini bisa selesai paling lambat sebelum jam 5 sore, mengingat jemaat Betlehem adalah jemaat kecil yang baru terbentuk. selain itu Pdt Hindom yang merupakan ketua majelis Jemaat mengharapkan agara dalam sidang jemaat ini bisa membentuk panitia pembangunan Pastori, sehingga tahun 2013 ini jemaat betlehem sudah memiliki pastori yang baru dan tidak lagi, setiap bulan harus membayar sewa rumah untuk tempat tinggal pendeta. Selesai dilaksanakan Ibadah pembukaan dilanjutkan dengan acara seremonial. turut hadir juga Ketua Klasis GPI Papua Mimika, Pdt Rudy Lekatompessy.
Waket.III Pnt. F. Buntu, Pdt M. Hindom, Pdt.R. Lekatompesss
 yang baru terpilih menjadi ketua Klasis GPI Papua Mimika pada sidang Klasis tanggal 7-9 Maret 2013. selesai dilaksanakan acara pembukaan yang diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan sambutan tunggal Ketua Klasis GPI Papua Mimika. dalama sambutannya Pdt Rudi menyampaikan ucapan terima kasis kepada seluruh anggota jemaat dan majelis jemaat yang telah memberikan kepercayaannya menjadi Ketua Klasis GPI Papua Mimika periode 2013-2018. selain itu Pdt Rudy juga menyampaikan penghargaan yang laur biasa kepada jemaat Betlehem karena selain jemaat Betlehem memiliki anggota jemaat hanya 67 KK, tetapi sudah bisa disejajarkan dengan tiga jemaat besar yaitu Torsina, Tikulembang dan Tiberias. selesai penyampaian sambutan oleh ketua klasis GPI Papua Mimika, dilanjutkan dengan
Pnt. Johan Ade. Matulessy
 penyamatan tanda peserta yang diwakili oleh Pnt Johan Ade Matulessy yang adalah mantan anggota Badan pekerja Klasis GPI Papua Mimika, yang sementara ini menjadi majelis jemaat GPI Papua Betlehem. seusai acara pembukaan dilanjtkan dengan doa makan yang di bawakan oleh Bpk Yus Rumimpunu sebagai Tokoh dalam jemaat Betlehem. Pada sidang jemaat Betlehem ke-4 Tahun 2013, dihadiri oleh seleruh pengurus wadah wadah kategorial, pengurus unit serta para undangan lainnya yang terdiri dari Tua-tua jemaat serta anggota jemaat lainya. Sidang Jemaat ke-4 dipimpin langsung oleh Ketua Majelis Jemaat Pdt M. Hindom, Wkl Ketua.II Pnt. L. Rante dan
BPK. Yus Rumimpunu
Sekretaris Jemaat Pnt. A. Noya. selain itu juga dihadiri oleh 17 majelis jemaat dari 18 majelis jemaat yang ada di jemaat Betlehem. serta juga diharis oleh Pelum Jemaat Betlehem Pdt. N.A.E. de Fretes. Agenda Sidang Jemaat Betlehem tersebut adalah Penyampaian Laporan Pelayanan dan realisasi pendapatan dan anggran belanja tahun 2012, informasi Badan Pengelola Dana Pembangunan Jemaat Betlehem, Penyusunan Progran Pelayanan serta Anggaran Pendapatan dan Belanja Tahun 2013. selain itu juga dalam sidang Jemaat tersebut dilakukan pemilihan Panitia pembangunan Pastori Jemaat  Betlehem. selain itu juga dalan sidang jemaat dibentuk 3 Komisi dengan tugas. Komisi 1 yang diketuai oleh Bapak.
 Bpk S. Tanamal membahas tentang Laporan Pelayanana dan Realisasi anggran Pendapatan dan Belanja Jemaat tahun 2013, sedangkan Komisi II. yang
Peserta Sidang Jemaat GPI Papua Betlehem
 yang diketuai oleh Bpk Amos Kuhuela membahas tentang Program Pelayanan dan Anggaran Jemaat Tahun 2013. sedangkan Komisi III yang diketuai oleh Bpk Thomas Istia membahas tentang Rekomendasi dan Pembentukan Panitia Pembangunan Pastori Jemaat GPI Papua Betlehem. dalam Sidang Jemaat Betlehem telah diputuskan beberapa program penting untuk dilaksanakan dalam tahun pelayanan 2013 diantaranya Pembangunan Rumah Pastori. selain itu juga melanjutkan program jemaat Tahun 2012 yang belum sempat dilaksanakan.
Peserta Sidang Jemaat GPI Papua Betlehem
Sidang Jemaat yang berlangsung sekitar 12 Jam itu juga telah disepakati anggaran pendapatan dan belanja jemaat tahun 2013 sebesar Rp 233. 369.000 ( dua ratus tiga puluh tiga juta tiga ratus enampuluh sembilan juta rupiah). jumlah anggaran yang besar bagi jemaat yang hanya memiliki jumlah anggota jemaat atau kepala keluarga hanya 67 KK. Selesai dilaksanakan pembahasan di dalam Komisi masing-masing dilanjutkan dengan hasil kerja komisi yang di mulai dengan Komisi.I yang membahas tentang Laporan Pelayanan dan realisasi anggaran pendapatan dan belanja jemaat Betlehem tahun 2012. dan dilajutkan dengan pembahasan Komisi.II dan Komsis.III. seusai pembahasan hasil kerja semua komisi dilanjuta dengan acara penutupan yang ibadahnya juga di pimpin oleh Pdt. M. Hindom.

Pimpinan Sidang
Pada ibadah penutupan juga dilakukan pelantikan panitia pembangunan Pastori Jemaat Betlehem yang telah terbentuk dan disepakati dalam sidang. Pelantikan Panitia ditandai dengan penyerahan BATU oleh Ketua Majelis Jemaat, Pdt M. Hindom kepada panitia yang diwakili oleh Bpk. Yus Rumimpunu selaku Penasihat Panitia dan juga merupakan tua-tua jemaat. Pdt Hindom dalam arahannya mengatakan bahwa pembangunan Pastori ini harus selesai dalam tahun 2013 ini, atau bisa diselesaikan dalam pertengahan tahun 2013 ini juga. Selain itu juga disampaikan pula bahwa panitia harus bisa melaksanakan tugasnya dengan baik, dan jika tidak mampu maka, Pdt Hindom sendiri yang akan melaksanakan tanggung jawab itu. disinggung pula bahwa panitia yang dibentuk ini belibatkan semua anggota jemaat yang ada, dan majelis jemaat tidak diperbolehkan untuk masuk dalam panitia, majelis hanya bisa melaksanakan tugas melayani.

Panitia Pembanguan Pastori
 Mengakhiri rangkaian pelaksanaan Sidang Jemaat dilanjutakan dengan Sambutan Ketua Klasis sekaligus menutup dengan resmi Sidang Jemaat GPI Papua Betlehem ke-4 Tahun 2013. Harapan Ketua Klasis dalam sambutannya mengatakan bahwa Jemaat Betlehem adalah Jemaat yang sudah mandiri dan sejajar dengan jemaat-jemaat yang lain, sehingga Badan Pekerja Klasis juga Berharap semua yang telah diputuskan dalam sidang jemaat dapat dilaksanakan dengan baik.
                                                                   MOTO JEMAAT BETLEHEM
                                                         MELATI " MELAYANI DENGAN HATI"

Panitia Pembanguan Pastori







Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAGU-LAGU PUJIAN DALAM BAHASA JAWA, BATAK, TORAJA, MALUKU, MANADO

IBADAH SYUKUR HUT PERWATA GPI PAPUA BETLEHEM TIMIKA KE-6